1lagi

Posted on Updated on

Satu lagi pelajaran yang saya ambil ketika saya berkendara.

Ketika lampu merah.
Saya melihat,
anak jalanan,
mengamen,
dan lebih parah lagi,
nge-lem.

Saya ga yakin mereka mendapat didikan orang tuanya.
Bahkan mungkin orang tuanya pun dulunya tidak mendapat didikan orang tua.
Terutama didikan agama….
Dan yang paling menakutkan adalah,
Mereka tidak mengenal tuhan…..

Kemiskinan benar2 menyibukkan mereka mencari penghidupan duniawi, mencari uang…..

Seandainya saja mereka mengetahui keutamaan2 orang miskin, salah satunya adalah mereka didahulukan masuk surga karena hisabnya yang cepat.

Dalam hadits Anas bin Malik, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ِةَماَيِقْلاَمْوَي ِكُبِّرَقُي َهَّللا َّنِإَف ْمِهيِبِّرَقَوَنيِكاَسَمْلا ىِّبِحَأ ُةَشِئاَع اَي ٍةَرْمَت ِّقِشِب ْوَلَو َنيِكْسِمْلا ىِّدُرَت َال ُةَشِئاَع اَي اًفيِرَخ َنيِعَبْرَأِب ْمِهِئاَيِنْغَأَلْبَق َةَّنَجْلا َنوُلُخْدَيْمُهَّنِإ « َلاَق ِهَّللاَلوُسَر اَي َمِل ُةَشِئاَع ْتَلاَقَف .» ِةَماَيِقْلا َمْوَي ِنيِكاَسَمْلاِةَرْمُز ىِفىِنْرُشْحاَو اًنيِكْسِمىِنْتِمَأَو اًنيِكْسِم ىِنِيْحَأ َّمُهَّللا « َلاَق »

“Ya Allah, hidupkanlah aku dalam keadaan miskin, matikanlah aku dalam keadaan miskin dan kumpulkanlah aku bersama dengan orang-orang miskin pada hari kiamat”. ‘Aisyah berkata, “Mengapa –wahai Rasulullah- engkau meminta demikian?” “Orang-orang miskin itu masuk ke dalam surga 40 tahun sebelum orang-orang kaya. Wahai ‘Aisyah, janganlah engkau menolak orang miskin walau dengan sebelah kurma. Wahai ‘Aisyah, cintailah orang miskin dan dekatlah dengan mereka karena Allah akan dekat dengan-Mu pada hari kiamat”, jawab Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam (HR. Tirmidzi no. 2352. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Miskin tapi dekat dengan Allah maka beruntung.
Tapi jika miskin tapi lupa Allah, ngeri….

Tinggalkan komentar

