[CoPast] Saya adalah mantan munsyid,,,,

Posted on

Saya adalah mantan munsyid,,,,

Ketika saya masih aktif bernasyid, saya sempat merasakan kegelisahan-kegelisahan. Diantaranya adalah:

1. Ilmu keislaman saya masih minim, tapi saya sudah berani melantunkan syair-syair. Saya khawatir akan terjerumus sebagaimana dalam firman Allah, “hai orang-orang yang beriman mengapa kamu mengatakan apa yang tidak kamu perbuat? Amat besar di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tiada kamu kerjakan”.(Q.S 61:2-3)

Terbukti dari akhlak kami yang tidak sesuai dan tidak layak menjadi seorang da’i. Beberapa teman satu tim saya ada yang menjalin hubungan tidak halal dengan seorang wanita. Begitupun diri saya, begitu sering saya melakukan kemaksiatan…

2. Berdasarkan pengalaman saya selama bernasyid, sungguh berat untuk dapat menghayati syair-syair. Yang ada dalam pikiran adalah bagaimana agar penampilan kami di atas panggung bisa sempurna.

3. Kekhawatiran lainnya adalah, apakah audiens menghayati syairnya atau malah mengamati kehebatan kami dalam bernasyid. Khususnya kaum hawa, sering kali saya menyaksikan mereka mengagumi seorang munsyid tertentu atau tim nasyid tertentu.

Awalnya saya berpikir bahwa seharusnya  nasyid bisa menjadi bahan pengingat bagi umat. Tapi ternyata saya salah. Nasyid tidak bisa dijadikan sebagai bahan pengingat bagi umat karena akan menyerupai kaum nasrani yang melantunkan lagu-lagu pujian…  Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam memperingatkan : “Mann tasyabbaha biqauminn fahuwa minhum.”“Barangsiapa menyerupai suatu kaum berarti termasuk bagian mereka.”

Maka sekarang saya nyatakan bahwa saya adalah MANTAN MUNSYID.

2 thoughts on “[CoPast] Saya adalah mantan munsyid,,,,

    ابو سلمان المجتاني said:
    May 9, 2012 at 9:46 am

    أحسنت

    Cipto Abi Yahya said:
    May 9, 2012 at 9:54 am

    Baarakallaahu fiikum

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s