This is the Concept

Posted on

Ini tentang rumah. Sebuah konsep yang saya impikan.

Selama ini kita sering melihat konsep rumah yang dari dulu gitu-gitu aja. Bahkan rumah masa kecil kita pun demikian. Ada ruang tamu, ruang  keluarga, kamar orang tua, beberapa kamar anak, kamar mandi, dapur, dll.

Konsep hasil pemikiran saya ini tentang kamar anak. Selama ini yang kita tau, kamar anak berjumlah sesuai jumlah anak. Kalo ada 2 anak, ya kamarnya ada 2. Singktanya, tiap anak punya masing-masing 1 kamar. Tiap kamar ada tempat tidur, meja belajar, lemari pakaian, dll.

Saya melihat ada unsur individualis pada konsep ini. Kebersamaan hanya ada di ruang keluarga dan ruang makan. Padahal kalo anak-anak udah pada gede, udah jarang tuh ngumpul di ruang keluarga apalagi ruang makan.

Nah, konsep ini ingin mencoba sesuatu yang berbeda dari konsep lama. Hanya ada 2 kamar besar untuk anak. Untuk anak-anak cewe dan untuk anak-anak cowo. Isinya cuma tempat tidur sesuai jumlah anak. Jadi anak-anak cowo sekamar dengan anak cowo lainnya, anak-anak cewe sekamar dengan anak cewe lainnya. Nah, di rumah ini pun ada ruang besar yang isinya kamar ganti dan lemari pakaian sesuai jumlah anak. Di rumah ini pun ada Ruang khusus belajar tempat anak-anak belajar. Kamar mandi? Bergantian saja deh.

Kalo gini, kebersamaan tidak hanya di ruang keluarga dan ruang makan saja, tapi di tempat tidur dan tempat belajar. Interaksi antar anak-anak pun semakin intens apalagi di kamar tidur. Mereka bisa saling berbagi cerita, berbagi pengalaman, berbagi ilmu, bisa saling membangunkan dan lain-lain. Dan yang lebih penting, bisa saling “mengontrol”, karena konsep ini lebih terbuka. Kita tentu tidak ingin kalo ternyata salah satu anak kita ada yang terjerat narkoba. Lagipula keterbukaan antar anak akan lebih mempererat hubungan antar mereka.

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s